4 Tips Investasi Terbaik Untuk Pemula

Posted on

jika kamu bingung menentukan jenis invetasi mana yang akan kamu pilih, maka hal itu wajar saja kok. Nah untuk menjawab itu, maka kamu harus perhatikan beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan, seperti:

  1. Tujuan investasi

sama dengan melakukan kegiatan apapun tujuan merupakan hal yang utama. Untuk itu sebelum kamu investasikan uang kamu maka rencanakan dahulu tujuan investasi. Jika kamu telah memiliki tujuan yang terstruktur maka segera lakukan dengan cara sistematis sehingga bisnis yang kamu jalani mencapai kesuksesan.

Banyak investor pemula yang kurang berutung karena tidak memiliki tujuan investasi dan langkah-langkah yang diambil untuk mencapai tujuan. Perencanaan ini tentu akan mengatur keuangan bisnis investasi yang akan kamu jalani sehingga tidak terpengaruh masalah keuangan.7 Strategi Negosiasi Bisnis Cepat Deal

  1. Lihat semua pendapatan

Untuk mengetahui kekuatan keuangan kamu, maka sebaiknya kamu melakukan pencatatan dari semua jenis pemasukan keuangan secara menyeluruh. Nah ketika kamu telah mengetahui dan memastikan keuangan kamu sehat, maka kamu mulai menghitung banyaknya modal  yang akan kamu keluarkan untuk bisnis tersebut.

Kepastian kondisi keuangan kamu sedang sehat tentu sangat penting untuk perkembangan bisnis yang kamu jalani. Jangan sampai modal bisnis kamu dari hasil hutang, karena tentu akan memberikan beban berat untuk arus keuangan.

  1. Catat Hutang Piutang
    Melakukan investasi terbaik bagi pemula adalah dengan mencatat semua hutang piutang. Dalam dunia bisnis tentu kemampuan pengelolaan keungan menjadi dasar yang harus dimiliki, dengan memahami kemampuan tersebut maka kamu bisa menentukan strategi yang tepat saat akan menanamkan modalnya.

Jika kamu banyak memiliki hutang piutang maka segera bereskan terlebih dahulu, karena kemungkinan besar jika kamu mempunyai hutang akan menjadi kendala keuangan pada bisnis kamu dimasa depan.

  1. Aset
    Aset merupakan hal yang penting ketika kamu akan memulai berinvetasi dan mendapatkan keuntungan dari investasi kamu di masa depan. Aset merupakan modal awal, semakin banyak aset maka semakin besar kemungkinan mendapatkan keuntungan.

Sehingga penting buat kamu untuk memperbanyak aset berharga agar bisnis yang kamu jalani semakin meningkat.

Nah, jika kamu sudah memahami hal-hal diatas maka maka bisa mempelajari beberapa jenis investasi terbaik untuk pemula yang akan kamu pilih, beberapa jenis diantaranya:

  1. Reksadana

Investasi terbaik untuk pemula adalah reksadana. Karena jenis investasi ini merupakan salah satu pilihan bagi masyarakat yang sangat sibuk, karena reksadana merupakan investasi yang tidak membutuhkan waktu banyak dan keahlian untuk menganalisis resiko.

Tak hanya itu, jika kamu menginvestasikan uang kamu, reksadana termasuk investasi modal yang tidak terlalu besar. Dengan uang Rp 100.000 maka kamu sudah bisa berinvestasi. Meski demikian banyak jenis reksadana yang ada dipasaran, dari reksadana pasar uang, pendapatan tetap hingga saham.

Dana kamu akan kelola oleh manajer investasi, karena itulah pemilihan jenis reksadana yang tepat menjadi hal yang penting bagi kamu. Sehingga kamu juga harus mempelajari kemungkinan cuan dan seluk beluk resikonya.

Langkah awal investasi reksadan seperti membuka rekening di bank. Setelah itu kamu pasti akan familiar dengan istilah unit penyertaan  (up) dan nilai aktiva bersih (nab),contoh:

Nab  seharga Rp 1500, dan kamu membeli 1000 up, maka kamu akan mengeluarkan uang dengan harga Rp 1. 500. 000, dan diakhir tahun apabila nab naik menjadi Rp 2 juta maka kamu akan mendapatkan keuntungan sekitar Rp 500 ribu.

Begitu juga sebaliknya, sehingga jika kamu mengetahui nab di akhir tahun turun maka sebaiknya kamu menjual terlebih dahulu agar kamu tidak mengalami kerugian yang semakin besar.

7 Tips Cari Tempat Usaha Warkop

  1. Investasi saham

Investasi terbaik untuk pemula selanjutnya bisa mencoba investasi saham, dimana sekarang ini banyak anak muda mulai mempelajari cara berinvestasi saham. Hal tersebut karena akses pada pasar saham kini semakin mudah.

Sekarang ini banyak sekuritas yang mudah diakses utuk mendaftar dan kamu mulai ikut dipasar saham. Sedangkan keuntungan dari pasar saham bisa diperoleh melalui jual beli dan deviden dari perusahaan yang sahamnya kamu miliki.

3.Investasi emas

investasi emas merupakan cara berinvestasi yang paling tua. Sederhananya kamu mulai menginvestasikan uang kamu dalam bentuk emas batangan. Bisa berupa emas antam atau platform yang bergerak dibidang emas.

  1. Investasi properti

Investasi jenis ini juga telah dilakukan sejak lama, berinvestasi pada properti tentu membutuhkan modal yang sangat besar. Tetapi keuntungan yang bisa kamu dapatkan juga besar dan dalam jangka yang sangat panjang. Selain itu, investasi dengan membeli sebidang tanah atau rumah maka kamu telah menciptakan pasif income.

Sewaktu-waktu kamu bisa menjualnya dimasa mendatang tentu dengan harga yang sangat jauh berbeda ketika kamu membeli. Ketika kamu memiliki modal dengan membeli sebuh rumah, toko, ruko, atau tanah maka kamu bisa menyewakanya dengan pendapatan setiap bulan. Atau kamu bisa memulai bisnis ketika memiliki beberapa toko.

Dari penjelasan diatas, itulah 4jenis investasi terbaik untuk pemula yang dapat kamu pilih. Sebaiknya pelajari dari modal, resiko, dan analisis membaca statistics di pasar. Tetapi alangkah baiknya sebelum kamu investasikan uang, maka kamu telah memiliki perlindungan jaminan kesehatan, sehingga tidak menganggu keuangan jika kamu sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.