Aktivitas Gunung Merapi Di Yogyakarta Menimbulkan Gempa

Posted on

Kepala balai penyelidikan dan pengembangan teknologi kebencanaan geologi (bpptkg) hanik humaida mengatakan gempa. Balai penyelidikan dan pengembangan teknologi kebencanaan geologi (bpptkg) menyebutkan aktivitas gunung merapi yang berada di perbatasan daerah istimewa yogyakarta dan jawa tengah.


Yogyakarta (ANTARA) Balai Penyelidikan dan Pengembangan

Selain itu, lanjut dia, guguran lava dan letusan eksplosif berpotensi menimbulkan hujan abu sehingga masyarakat di sekitar dihimbau untuk mengantisipasi gangguan akibat.

Aktivitas gunung merapi di yogyakarta menimbulkan gempa. Lereng sisi selatan berada dalam administrasi kabupaten sleman, daerah istimewa yogyakarta, dan sisanya berada dalam wilayah provinsi jawa tengah, yaitu kabupaten magelang di. Hanik mengatakan guguran lava dan letusan eksplosif berpotensi menimbulkan hujan abu. Saat itu ada 23 gempa tektonik bersumber dari zona sesar aktif.

Balai penyelidikan dan pengembangan teknologi kebencanaan geologi (bpptkg) menyatakan usai gempa tektonik 5,3 magnitudo yang berpusat di selatan kota wonosari, kabupaten gunung kidul, daerah istimewa yogyakarta (diy) senin pagi, 28 juni 2021, tidak terpantau kejadian signifikan pada aktivitas vulkanis gunung merapi. Yogyakarta diguncang gempa 5,3 skala richter, merapi dinyatakan aman. Dengan status gunung merapi yang sampai saat ini masih waspada, hanik meminta radius tiga km dari puncak gunung merapi agar tetap dikosongkan dari aktivitas penduduk dan pendakian.

Gempat ini berpusat di selatan wonosari, gunungkidul, diy. Masyarakat di sekitar diimbau mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik. Hanik mengatakan guguran lava dan letusan eksplosif berpotensi menimbulkan hujan abu.

Gempa berpusat di 55 kilometer barat daya gunung kidul, daerah istimewa yogyakarta dengan kedalaman 48 kilometer. Bpptkg yogyakarta merekomendasikan radius 3 km dari puncak gunung merapi agar dikosongkan dari aktivitas penduduk dan pendakian. Dengan status gunung merapi yang sampai saat ini masih waspada, ia meminta radius tiga km dari puncak gunung merapi agar tetap dikosongkan dari aktivitas penduduk dan pendakian.

Meski sempat mengeluarkan awan panas guguran sebelum gempa, gunung merapi tampak relatif kalem setelah gempa terjadi. Kepala balai penyelidikan pengembangan teknologi kebencanaan geologi (bpptkg) yogyakarta hanik humaida juga sempat membantah bahwa gempa pagi ini berasal dari aktivitas gunung merapi yang masih intens. Yang di wilayah lain diy gempa itu dirasakan dengan skala ii sampai iii mmi jadi kemungkinan tidak ada dampak yang signifikan, kata danang.

Balai penyelidikan dan pengembangan teknologi kebencanaan geologi (bpptkg) menyebutkan aktivitas gunung merapi yang berada di perbatasan daerah istimewa yogyakarta dan jawa tengah mengalami peningkatan berdasarkan hasil pemantauan selama sepekan. Salah satu contoh yaitu menjelang letusan merapi 2010. Setelah kejadian gempa itu, belum ada kejadian yang signifikan pada aktivitas merapi, kata kepala bpptkg hanik humaida melalui pernyataan di jogja, senin.

Awan panas guguran kemudian kembali muncul dari gunung merapi pada pukul 05.11 wib. Yogyakarta 16 kali gempa guguran di merapi, bpptkg yogyakarta imbau warga di sungai gendol waspada selama sepekan terhitung mulai 15 mei hingga 21 mei kemarin, tercatat ada 16 kali gempa guguran di gunung merapi. Bmkg mencatat adanya peningkatan aktivitas gempa tektonik 9 bulan sebelumnya.

Dalam banyak kasus, kata daryono, letusan merapi didahului gempa tektonik lokal yang bersumber dari zona subduksi maupun sesar aktif di yogyakarta. Dengan status gunung merapi yang sampai saat ini masih waspada, hanik meminta radius tiga km dari puncak gunung merapi agar tetap dikosongkan dari aktivitas penduduk dan pendakian. Gunung merapi, mengutip wikipedia, merapi (ketinggian puncak 2.968 m dpl, per 2006) adalah gunung berapi di bagian tengah pulau jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di indonesia.

Setelah kejadian gempa itu, belum ada. Terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik menunjukkan proses pergerakan magma menuju permukaan, kata kepala balai penyelidikan dan pengembangan teknologi kebencanaan geologi hanik humaida,. Guguran lava dan awanpanas berpotensi menimbulkan hujan abu, masyarakat di sekitar dihimbau untuk mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik.

Apabila aktivitas vulkanologi gunung merapi semakin meningkat dan terjadi gempa bumi, dalam beberapa tahun ke depan pemerintah harus mengantisipasi dalam hal pembangunan terkait dengan dampak yang ditimbulkan dari kedua aktivitas tersebut (suprapto, 2007). Terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik menunjukkan proses pergerakan magma. Balai penyelidikan dan pengembangan teknologi kebencanaan geologi (bpptkg) menyatakan usai.

Beberapa aktivitas lainnya juga mend Terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik menunjukkan proses pergerakan magma menuju permukaan, kata kepala balai penyelidikan dan pengembangan teknologi kebencanaan geologi (bpptkg). Masyarakat di sekitar gunung merapi agar meningkatkan kewaspadaan.

Masyarakat di sekitar diimbau mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik. Apakah gempa ini berdampak pada aktivitas vulkanik gunung merapi? Gunung merapi merupakan gunung paling aktif di dunia.

Namun, gempa tidak mempengaruhi aktivitas vulkanik gunung merapi. Meski demikian, ia menyebut beberapa menit sebelum gempa pada pukul 04.47 wib, gunung merapi sempat mengeluarkan awan panas guguran dengan jarak luncur 1.000 meter ke tenggara. Dalam banyak kasus, letusan merapi didahului adanya gempa.

Gempa tektonik 5,3 magnitudo daerah istimewa yogyakarta (diy) senin pagi tidak berpengaruh pada aktivitas vulkanik gunung merapi. Setelah kejadian gempa itu, belum ada. Badan meterologi, klimatologo, dan geofisika (bmkg memastikan bahwa gempa ini tidak menimbulkan tsunami.


Gunung Semeru (Mahameru) Sejarah Erupsi di Jawa Timur


Pasca Erupsi Merapi, Kaliadem, Sleman, Yogyakarta Perjalanan


Pin di Kilas Magelang


Pin di IPA Science


BPPTKG Gunung Merapi Alami Empat Kali Gempa Guguran


BPPTKG Gunung Merapi Alami Empat Kali Gempa Guguran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *