Ayat Alquran Tentang Matahari Mengelilingi Bumi

Posted on

Dalam ayat diatas menunjukkan bahwa mataharilah yang mengelilingi bumi. Waktu perederan merekapun sangat tepat.


📝 Membaca Al Qur'an Pada Bulan Ramadhan Quran, Membaca

Tetapi ayat ini tidak menyebutkan apapun tentang matahari bergerak mengelilingi bumi.

Ayat alquran tentang matahari mengelilingi bumi. Ayat ini hanya menyebutkan bahwa matahari hanya bergerak saja pada garis edarnya tanpa menyebutkan bahwa garis edarnya mengelilingi bumi. Di dalamnya tidak sedikit menceritakan tentang ayat kauniah atau tanda kealaman yang biasanya digunakan untuk menuntun ilmu kealaman/sains. Masyarakat eropa pada masa itu juga mempercayai jika bumi merupakan pusat tata surya, di mana matahari mengelilingi bumi dan bukan bumi yang mengelilingi matahari.

Dari situlah terjadi perbedaan tempat dan waktu terbit dan terbenamnya matahari dalam siklus tahunan. Menurut para ilmuwan bahwa ukuran matahari itu sebanding dengan 330.330 kali ukuran bumi. Bisa kita bayangkan begitu kecilnya bumi ini.

Dalam tafsir, ayat diatas ditafsirkan bahwa matahari berjalan sambil berputar pada sumbunya, sedang bumi berada berada di depannya dan juga berjalan sambil berputar pada sumbunya, dan beredar mengelilingi matahari. Di ayat 37 dan 38, allah berfirman tentang matahari. Bertemu kembali dengan gue ricky alexander, dan kali ini gue nemu ayat alquran yang super duper ngawur.

Kalau pun matahari disebutkan telah bergerak dalam arti terbit, terbenam, condong dan sebagainya, tidak ada seorang muslim pun yang menolaknya. Rupanya, rotasi matahari juga telah dijelaskan dalam alquran. Kemudian beliau menjawab mengenai tafsir surat yasin ayat 38 di atas, yang itu menjadi salah satu dalil utama geosentris.

Ayat ini juga mengandung pengertian tentang peredaran bumi yang mengelilingi matahari. Hanya ada penjelasan matahari bergerak, beredar, terbit, terbenam, condong, pergi, datang, dan sejenisnya. Karena zhahir nash memang mengatakan demikian.

Selalu membahas mengenai fiqh dan aqidah saja. Pendapat ini berasal dari ilmu falak. Ayat ini hanya menyebutkan bahwa matahari hanya bergerak saja pada garis edarnya tanpa menyebutkan bahwa garis edarnya mengelilingi bumi.

Contohnya seperti pada surat ibrahim ayat 33. “dan dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Namun semua yang terkait dengan informasi matahari itu sangat dikaitkan dengan pandangan subjektif manusia.

Kita pun tahu bahwa kemiringan sumbu putaran terhadap sumbu bumi menyebabkan terjadinya perbedaan musim. Menurut quran, matahari itu mengelilingi bumi wkwk. Tetapi juga memberikan perhatian yang sangat besar bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

Alquran dan sains mengungkap bulan ternyata mengikuti perputaran matahari. Tidak ada ayat yang bunyinya: Namun semua yang terkait dengan informasi matahari itu sangat dikaitkan dengan pandangan subjektif manusia.

Kedua tempat terbit dan terbenam matahari yang disebutkan pada ayat di atas merupakan akibat dari berputarnya bumi terhadap matahari. Setelah penemuan teori ini, teori yang menganggap bahwa matahari statis dan tak berputar pada sumbunya seperti bumi adalah keliru. Munculnya matahari menandakan masuknya waktu pagi dan terbenamnya menunjukkan waktu malam.

Jika diteliti lebih mendalam, sebenarnya tidak ada satupun ayat alquran yang secara tegas menyatakan matahari mengelilingi bumi. Dan untuk menyimpulan ayat ini membutuhkan pengamatan. Tetapi ayat ini tidak menyebutkan apapun tentang matahari bergerak mengelilingi bumi.

2)pernyataan bahwa matahari mengelilingi bumi sebuah kepstian alquran dan assunnah menurut syaikh ibnu utsaimin tidak boleh karena dilalah ayat alquran dan sunnah yg dijadikan dalil atw hujjah menetapkan matahari mengelilingi bumi sifatnya zhanniyyah bukan qath'iyyah. Dari ayat di atas dapat dipahami bahwa bumi berevolusi mengelilingi matahari menurut garis edarnya dan bukan matahari yang beredar mengelilingi bumi. Artinya, penjelasan yang tercantum dalam alquran bersifat eksplisit.

Kita telah mengetahui sejak abad xvi m bahwa bumi berputar pada porosnya serta mengelilingi matahari kemudian terjadi penjelasan pada abad xx m bahwa matahari tidaklah diam di pusat seluruh planetnya, akan tetapi bergeraknya dengan dua gerakan didalam galaksi bima sakti, sebagaimana berikut : Bumi, sebagaimana telah kita ketahui, menyelesaikan satu siklus revolusinya terhadap matahari selama 365,25 hari. Terdapat ayat di dalam alquran yang menyebutkan tentang matahari dan bulan.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman Tidak hanya para flat earthers yang menggunakan ayat alquran untuk menyatakan bentuk bumi sebenarnya, para penganut round earthers pun melakukan hal yang sama.


Pin oleh wsupada di Quotes of Life Ayah, Kutipan


Pin auf Poster Dakwah


Pin oleh sincere words di islam Kutipan terbaik


Fungsi Hujan Menurut AlQuran. Hujan, Quran, Allah


Pin oleh Ika Prasetya Damayanti di Adab makan & minum


Pin oleh Nasihat Sahabat di Hari Kiamat, Surga & Neraka


Keutamaan Membaca Al Quran di Bulan Ramadhan Poster


DATANG SETELAH KHATIB NAIK MIMBAR, TIDAK DAPAT PAHALA


Pin oleh Nasihat Sahabat di Hari Kiamat, Surga & Neraka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *