Cara Membuat Kata Pengantar yang Dapat Menjadi Panduan

Posted on

Cara Membuat Kata Pengantar yang Dapat Menjadi Panduan – Dalam membuat sebuah karya ilmiah Anda diharuskan untuk membuat secara terperinci yang mengandung halaman kata pengantar, halaman catatan isi, isi, dan terakhir penutup. Semua karya ilmiah diharuskan memiliki halaman kata pengantar, yang berisi ucapan-ucapan dari penulis atas keberhasilan telah menyelesaikan tesis, skripsi, maupun makalah riset.

Seberapa bernilainya kata pengantar dalam sebuah karya tulis? Adanya kata pengantar dalam karya tulis untuk memberikan penghormatan kepada para pembaca. Dalam membuat kata pengantar harus memanfaatkan kalimat efektif, dengan tujuan agar pembaca mudah memahami isi dari kata pengantar. Sebelum Anda membuat maupun membuat kata pengantar, hendaknya harus mengenali struktur dalam penulisannya. Selanjutnya struktur penyusunan kata pengantar yang benar.

Baca juga : Cara Mudah dan Kilat Membuat Materi Presentasi Keren. Klik di Sini!

Pada bagian pembukaan paragraf pertama hingga paragraf kedua, berisi tentang tuturan syukur penulis maupun regu penyusun atas terselesaikannya karya tulis. Kata pengantar yang selalu dipakai merupakan, mengucapkan kerasa syukur kepada Tuhan dengan masing-masing cara menyampaikannya. Setelah itu sehabis tuturan kerasa syukur, dilanjutkan dengan tuturan terima kasih kepada orang-orang yang telah mendukung penulis saat mengerjakan hingga menyelesaikan karya tulis tersebut.

Pada bagian isi, berisi dari cerminan isi karya tulis yang Anda buat. Biasanya, diawali dengan menuturkan judul karya tulis. Barulah setelah itu diterangkan sedikit mengenai ulasan dan gimana penulis menuliskan isi tersebut dalam karya tulis. Tuliskan secara singkat padat dan jelas pada bagian isi. Karena karna ini hanya untuk mengisi kata pengantar.

Bagian penutup ini, berisikan kalimat permintaan maaf jikalau ada beberapa kesalahan dalam penyusunan gelar, nama, maupun isi dari karya tulis.

Sesudah Anda sudah mengenali struktur dari kata pengantar ini, ada baiknya untuk memulai berusaha buatnya dengan panduan berikut.

Contoh Kata Pengantar #1

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Seluruh puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kami kemudahan sampai-sampai kami mampu menyelesaikan makalah ini dengan cocok waktu. Tanpa pertolongan-Nya jelasnya kami tidak akan bisa untuk menyelesaikan makalah ini dengan baik. Shalawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta kita adalah Nabi Muhammad SAW yang kita nanti-natikan syafa’atnya di akhirat nanti.

Penulis mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas limpahan nikmat sehat-Nya, baik itu berbentuk sehat wujud ataupun ide benak, sampai-sampai penulis bisa untuk menyelesaikan pembuatan makalah sebagai tugas akhir dari mata kuliah Hukum Kegiatan Peradilan Agama dengan judul “Kanker dan Pengobatannya”.

Penulis tentu menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan masih banyak terdapat kesalahan serta ketiadaan di dalamnya. Untuk itu, penulis mengharapkan kritik serta anjuran dari pembaca untuk makalah ini, biar makalah ini nantinya mampu menjadi makalah yang lebih baik lagi. Setelah itu apabila terdapat banyak kesalahan pada makalah ini penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak eksklusifnya sama guru Bahasa Indonesia kami yang telah membimbing dalam membuat makalah ini.

Demikian, semoga makalah ini mampu bermanfaat. Terima kasih.

Kediri, 29 Mei 2018

Penulis

Baca juga : 15 Desain Sampul Buku Tidak Biasa yang Wajib Kamu Lihat untuk Inspirasi

Contoh Kata Pengantar #2

Kata Pengantar

Puji Tuhan, terima kasih Aku ucapkan atas pertolongan Tuhan yang telah mempermudah dalam pembuatan tesis ini, hingga akhirnya terselesaikan cocok waktu. Tanpa pertolongan dari Tuhan, Aku bukanlah siapa-siapa. Tidak hanya itu, Aku juga kepingin berhasil mengucapkan terima kasih kepada orang tua, keluarga, serta pendamping yang sudah mendukung hingga titik terakhir ini.

Beberapa hal yang akan disampaikan kepada pembaca mengenai “Berartinya Ilmu Parenting untuk Orang Tua Baru”. Dalam karna ini, Aku kepingin berhasil membahas mengenai cara menjadi orang tua yang baik paling utama orang tua muda. Era sekarang, tidak sedikit kalangan milennials yang memutuskan diri untuk menikah. Namun, mereka kurang dengan ilmu parenting sampai-sampai yang di inginkan para orang tua merupakan ilmu ekstra mengenai hal parenting. Untuk membaca lebih lengkap, Anda mampu membaca hasil tesis Aku yang membahas mengenai parenting.

Aku menyadari jikalau mungkin ada sesuatu yang salah dalam penyusunan, seperti mengujarkan info berbeda sampai-sampai tidak sama dengan pengetahuan pembaca lain. Aku mohon maaf yang sebesar-besarnya jikalau ada kalimat maupun perkata yang salah. Tak memiliki manusia yang sempurna kecuali Tuhan.

Demikian Aku ucapkan terima kasih atas waktu Anda telah membaca hasil karya ilmiah Aku.

Jepara, 27 Maret 2012

Penulis

Begitu beberapa contoh kata pengantar yang selalu dipakai, Anda mampu memilah satu di antara dari 2 contoh tersebut untuk dijadikan panduan. Pilihlah contoh kata pengantar yang cocok sama karya ilmiah Anda. Selamat berusaha!

Sumber