Contoh Membuat Laporan Kegiatan Terbaik

Posted on

Contoh Membuat Laporan Kegiatan Terbaik – Laporan aktifitas yakni sebuah laporan tentang hasil aktifitas tertentu, yang biasanya akan dibuat sehabis aktifitas tersebut selesai dilaksanakan. Laporan aktifitas ini biasanya dibuat oleh peserta yang mengikuti aktifitas tersebut ataupun orang yang menyelenggarakan aktifitas. Tujuan dari pembuatan laporan ini yakni sebagai tanggung jawab pelaksana aktifitas.

Laporan aktifitas ini sangat penting. Karena itu disebabkan secara otomatis para pelaksana aktifitas serta para peserta yang berpartisipasi di dalamnya sudah memberi bukti kepada atasan ataupun kepada yang bersangkutan. Dibawah ini yakni contoh laporan aktifitas yang baik dan benar. Mulai dari contoh laporan aktifitas sekolah, contoh laporan aktifitas prakerin, contoh laporan aktifitas usaha, contoh laporan aktifitas pkl, contoh laporan aktifitas kerja, posyandu, osis, security, pramuka, dll.

Contoh Membuat Laporan Kegiatan Terbaik Lengkap

Contoh Laporan Kegiatan Pramuka

Contoh Laporan Aktivitas Pramuka | Sumber : 500px.com

Contoh Laporan Aktivitas Pramuka

BAB I

1. Latar Belakang

Gerakan pramuka ialah wadah yang cocok dalam pengembangan diri untuk seluruh anggota pramuka. Anggota pramuka tersebut harus mendapatkan bermacam aktifitas pramuka yang bertabiat mendidik. Karena pramuka yakni tempat untuk melangsungkan kegiatan para anggota pramuka tersebut.

Seluruh aktifitas yang terdapat di dalamnya juga harus terencana dengan baik, memiliki persiapan yang matang, serta bisa dinilai baik dari segi pendidikan ataupun kejiwaan para anggota pramuka. Berdasarkan pemahaman tersebut maka penilaian penerapan gerakan pramuka ini disesuaikan dengan program gugus depan SMP Gunung Jati Bandung yang dibuat dalam laporan tertulis.

1. Sasaran aktifitas

Sasaran dari penerapan aktifitas latihan mingguan yakni para anggota pramuka dari SMP Gunung Jati yang ada di gugus depan. Baik yang berasal dari kelas 7 dan 8, ataupun yang berasal dari penggalangan inti kelas 7,8 dan 9.

2. Manfaat aktifitas

Manfaat aktifitas gerakan pramuka ini secara umum yakni untuk mengukur kemajuan kepramukaan di lingkungan gugus depan SMP Gunung Jati.

3. Pembiayaan penerapan aktifitas

Pembiayaan aktifitas pramuka ini dibiayai oleh SMP Gunung Jati itu sendiri yang dialokasikan dari dana Dorongan Operasional Sekolah ataupun BOS.

BAB II

Laporan Aktivitas Pengembangan Diri Kepramukaan SMP Gunung Jati

1. Materi, waktu, tempat serta aktifitas latihan dari mulai sampai selesai.
2. Materinya saja

• Waktu

Waktu penerapan aktifitas ini disesuaikan dengan keadaan, namun waktu yang pasti dari aktifitas latihan yakni jam 4 sore setiap hari Senin.

• Tempat

Tempat penerapan aktifitas latihan mingguan dilaksanakan di sekolah SMP Gunung Jati, jikalau tidak di lapangan maka latihan dilakukan di dalam satu dari keseluruhan kelas.

• Isi aktifitas

Penerapan kegiatannya mudah saja yang penting diisi dengan aktifitas yang mendidik serta pula menghibur agar para anggota pramuka tersebut tidak bosan.

• Hasil yang dicapai

Hasil yang dicapai oleh para anggota pramuka yang mengikuti aktifitas pelatihan ini ternyata menemukan hasil yang cukup memuaskan karena sekitar 75% dari anggota pramuka ini memahami dan bisa menangkap materi yang diberikan.

Yang lebih baik dari penjelasan materi ini yakni pengaplikasiannya di kehidupan tiap hari pada lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan lingkungan sekolah tanpa melupakan ajaran moral yang diberikan sama ibu bapak di rumah.

Dari 25% yang kurang mendominasi bahan yang disajikan biasanya diakibatkan oleh keterbatasan sarana dan prasarana yang mendukung yang berhubungan sama latihan kepramukaan yang telah dilaksanakan.

Bukan tidak mungkin bahwa hambatan akan timbul pada aktifitas kepramukaan ini, hambatan yang terjalin di aktifitas latihan ini antara lain sebagai berikut :

• Minimnya semangat beberapa anggota pramuka dalam aktifitas pelatihan kepramukaan tersebut.
• Ada banyak anggota yang berdomisili di tempat yang cukup jauh dari sekolah akibatnya agak susah jikalau harus bolak balik sekolah dan rumah di hari yang sama.
• Minimnya pemahaman para anggota akan berartinya aktifitas kepramukaan.
• Minimnya support dari orang tua anggota pramuka yang masih mengira aktifitas kepramukaan itu terhitung aktifitas yang riskan semisal berada di alam terbuka.

Masukan yang diberikan untuk penerapan aktifitas pramuka selanjutnya ialah :

• Memohon support dari seluruh wali kelas agar memotivasi kanak-kanak muridnya tentang berartinya aktifitas kepramukaan ini.
• Diharapkan ada support dari orang tua untuk mendukung dan memberi izin pada anak-anaknya untuk melangsungkan aktifitas kepramukaan tersebut.

BAB III

Penutup

Kesimpulan yang bisa ditarik dari aktifitas kepramukaan ini antara lain ialah :

1. Perlu dibentuknya kepengurusan gugus depan agar kinerja tenaga pendidik ataupun kependidikan lebih terorganisir.
2. Minimnya sarana pendukung dalam aktifitas latihan kepramukaan.
3. Masih adanya siswa yang enggan mengikuti pelatihan ini dan belum adanya pemahaman akan berartinya latihan tersebut untuk kehidupan tiap hari suatu hari nanti.

Contoh Membuat Kata Pengantar Makalah Yang Baik

Contoh Membuat Laporan Kegiatan Sekolah

Contoh Laporan Kegiatan Sekolah

Contoh Laporan Aktivitas Sekolah | Sumber : 500px.com

Contoh Laporan Aktivitas Sekolah

Laporan Aktivitas Porseni SMP Dulang Jaya Bandung

Pendahuluan

Masa muda yakni masa yang penuh dengan imajinasi dan daya kreasi yang teratas, terhitung pada kanak-kanak SMP. Kreativitas sangat dibutuhkan untuk meningkatkan dan menaikkan kepekaan terhadap kerasa estetik dan artistik yang nantinya akan timbul sikap kritis, kreatif dan apretiatif pada karakter para siswa/i secara menyeluruh.

Sikap tersebut akan timbul dengan diadakannya aktifitas yang memancing daya kreativitas para siswa/i contohnya aktifitas Porseni ataupun Minggu Olah-raga dan Seni yang diadakan oleh sekolah. Tujuannya yakni untuk menaikkan kemampuan diri setiap siswa dan membudayakan kebersamaan saat menuntaskan sesuatu yang pastinya bermanfaat.

Sampai-sampai aktifitas Porseni di sekolah ini harus dilaksanakan demi menaikkan kemampuan setiap siswa di SMP Dulang Jaya Bandung. Oleh karna itu, SMP Dulang Jaya telah melangsungkan Porseni kecuali waktu sekolah pada tahun ajaran 2017/2018.

Tujuan Aktivitas Porseni

• Menjadi ajang kreativitas setiap siswa
• Menciptakan jalinan kerjasama setiap siswa dalam hal mengelola bakat masing-masing
• Menambah tali silaturahmi antara siswa dengan siswa dan antara siswa dengan guru
• Mencari bibit baru dalam bidang olah-raga dan seni

Aktivitas

Nama aktifitas : Minggu Olah-raga dan Seni (Porseni)
Tema aktifitas : Untuk meningkatkan bakat dan kreativitas demi kemajuan diri
Sasaran aktifitas : murid-murid SMP Dulang Jaya Bandung
Bertepatan pada aktifitas : 15-22 Desember 2017
Tempat aktifitas : Sekolah SMP Dulang Jaya

Anggaran dana

Penghasilan : Rp.2.500.000
Pengeluaran : Rp.2.400.000

Penutup

Demikian laporan aktifitas Porseni SMP Dulang Jaya Bandung yang telah terselenggara dengan bisa dengan mudah dan sukses. Dalam pembuatan laporan ini kami sadar masih banyak kekurangannya, oleh karna itu kami memohon maaf yang sebesar-sebesarnya atas seluruh kehabisan yang ada pada laporan aktifitas Porseni ini. sekian dan terima kasih.

Contoh Membuat Laporan Kegiatan Pelatihan

Contoh Laporan Kegiatan Pelatihan

Contoh Laporan Aktivitas Pelatihan | Sumber : 500px.com

Contoh Laporan Aktivitas Pelatihan

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Penyuluhan pertanian ialah upaya yang dilakukan untuk menaikkan kepiawaian setiap petani baik dalam hal kemampuan ataupun sikap agar mereka dapat menetapkan keputusan sendiri terkait dengan setiap usaha tani yang dilakukan oleh para petani tersebut.

Satu di antara aktifitas yang dilakukan oleh petani dalam penyuluhan ini yakni mengadakan pelatihan secara teknis untuk petani. Tujuan dari aktifitas tersebut yakni untuk menyertakan seluruh panca indera petani saat mengolah tani. Agar mereka ingin mengenakan dan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk kemajuan serta pergantian pada usaha taninya.

Tipe pelatihan yang baik harus diiringi dengan kriteria sebagai berikut ialah tersusunnya aktifitas dengan apik, terwujudnya sebuah perencanaan yang baik, penerapan aktifitas dan penilaian yang penuhi ketentuan terpenuhinya sebuah pelatihan yang baik.

Tujuan Dibuatnya Laporan Aktivitas

Sebagai bentuk tanggung jawab dari aktifitas pelatihan yang sudah dilaksanakan dan untuk penuhi persyaratan pemenuhan ujian akhir semester 7 di Sekolah Atas Pertanian Bogor.

METODE PELAKSANAAN

Waktu Dan Tempat

Aktivitas pelatihan dilaksanakan pada Hari Sabtu, Bertepatan pada 20 Juli 2018 jam 14.00-16.00 WIB. Bertempat di kelompok tani Saung Lembur, Desa Parahitan, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Peserta pelatihan

Peserta pelatihan yang mengikuti aktifitas ini antara lain setiap anggota serta pengurus kelompok tani Saung Lembur Desa Parahitan, para tokoh masyarakat, serta penyuluh pertanian setempat. Rincian peserta yang muncul ialah sebagai berikut anggota beserta pengurus berjumlah 18 orang, tokoh masyarakat berjumlah 4 orang dan penyuluh pertanian berjumlah 3 orang.

Materi Pelatihan

Materi pelatihan yang dipakai pada aktifitas ini yakni pemberian pupuk organik.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Penerapan aktifitas yang sebaiknya dilakukan pada jam 14.00 sayangnya harus mundur menjadi jam 14.55 disebabkan beberapa sebab ialah masih banyaknya petani yang bekerja di sawah ataupun petani yang memiliki kepentingan yang ada. Jumlah orang yang muncul saat itu 22 orang, namun belum terhitung penyuluh pertanian yang juga datang terlambat.

Partisipasi para petani dalam aktifitas pelatihan ini dirasa masih sangat kurang karena banyak petani yang merasa sudah lebih berpengalaman dalam pembuatan pupuk organik dan ternyata tidak berhasil. Maka dari itu petani malas mengenakan lagi pupuk organik dengan sebab banyak hambatan saat pembuatan pupuk tersebut.

Penutupan

Aktivitas pelatihan ini ditutup dengan upacara penutupan, pemberian pupuk organik untuk para petani, serta kepada anggota kelompok.

Kesimpulan dan Masukan

Kesimpulannya yakni aktifitas pelatihan ini secara umum sudah berjalan dengan bisa dengan mudah dan sukses, dari mulai tahapan perencanaan aktifitas sampai tahap penilaian pada setiap petani. Jumlah anggaran yang terbatas untungnya bisa dikelola dengan baik akibatnya aktifitas tetap berlangsung sukses.

Masukan yang diberikan untuk para peserta aktifitas pelatihan ini yakni survey pendahuluan sebaiknya dilakukan lebih jeli, spesialnya terkait sikap dan karakter para anggota yang mengikuti aktifitas pelatihan ini.

Contoh Laporan Aktivitas Lomba

Contoh Laporan Kegiatan Lomba

Contoh Laporan Aktivitas Lomba | Sumber : 500px.com

Contoh Laporan Aktivitas Lomba

Dasar Pemikiran

Pramuka ialah satu dari keseluruhan agen pergantian yang jadi pijakan bangsa, negeri dan agama yang dituntut untuk dapat berpartisipasi pada setiap aktifitas di masyarakat. Pramuka harus dapat menaikkan mutu serta kuantitas tubuh dari pramuka itu sendiri dan masyarakat di sekitarnya.

Melalui lomba tangkas pramuka ini diharapkan para penerus bangsa dalam golongan penggalang yang ada di lingkup SMP Maja Lingga Bandung dan sekitarnya agar dapat bereksistensi penuh serta dapat memberi sumbangsih yang nyata untuk bangsa Indonesia.

Oleh karna itu kami dari Universitas Padang Panjang Bandung yang menjadi anggota pramuka mengadakan aktifitas lomba ini untuk mewadahi para generasi muda dari SMP Maja Lingga agar menjadi pemuda yang memiliki karakter yang kokoh dan nasionalis.

Tujuan Aktivitas Lomba

1. Menjadi wadah yang cocok untuk membentuk generasi penerus bangsa yang bermutu.
2. Memupuk kerasa persaudaraan di golongan SMP Maja Lingga Bandung.
3. Melatih jiwa kompetitif yang sehat dan positif.
4. Mencetak kader pramuka yang dapat menjadi pejuang bangsa yang memiliki jiwa nasionalis.

Nama Dan Tema

Nama aktifitas : Lomba tangkas pramuka penggalang
Tema aktifitas : Menciptakan karakter dan daya juang yang teratas bagi pemuda pemudi

Waktu Dan Aktivitas

Hari : Minggu
Bertepatan pada : 15 April 2017
Waktu : Jam 07.00-16.00
Tempat : Kampus Universitas Padang Panjang Bandung

Penutup

Demikianlah laporan aktifitas lomba tangkas pramuka yang menjadi tanggung jawab kami sebagai penyelenggara lomba dan hasil aktifitas lomba yang telah kami laksanakan. Laporan aktifitas lomba ini kami buat dengan sebenar-benarnya, jikalau masih terdapat banyak kesalahan pada laporan ini akan kami perbaiki lagi.

Kami menyatakan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini sampai kegiatan ini sukses, semoga dukungan kalian menemukan balasan dari Allah SWT. Amin.

Contoh Membuat Laporan Kegiatan Pentas Seni

Contoh Laporan Kegiatan Pentas Seni

Contoh Laporan Aktivitas Pentas Seni | Sumber : 500px.com

Contoh Laporan Aktivitas Pentas Seni

Pendahuluan

Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan karuniaNya dan rahmatNya.

Indonesia memiliki beragam budaya yang indah dan tak lepas dari macammacam karya seni yang mempesona. Maka kami dari OSIS pingin berhasil menyelenggarakan sebuah pentas seni sekolah SMU Hitam Putih. Dalam rangka menaikkan apresiasi para siswa/i terhadap kesenian dan kebudayaan spesialnya yang berasal dari Indonesia.

Melalui aktifitas ini kami berharap akan tumbuhnya cinta dan kepedulian terhadap seni dan budaya Indonesia ataupun seni dan budaya modern. Kegiatan pentas seni ini bisa menjadi ajang intermezo para siswa/i menjelang UAS tiba.

Latar Belakang

Aktivitas ataupun kegiatan pentas seni ini dilaksanakan sehubungan dengan hari Bunda yang kerap kita peringati (walau tidak resmi), setiap bertepatan pada 22 Desember. Anggap saja kegiatan pentas seni ini ialah perayaan kecil-kecilan dari kanak-kanak dan sebagai kerasa terima kasih kepada Ibundanya masing-masing.

Tujuan Kegiatan Pentas Seni

1. Meningkatkan bakat, kemampuan serta kreatifitas para siswa/i.
2. Sebagai bentuk apreasiasi.
3. Sebagai perkataan khusus terima kasih kepada seluruh bunda di dunia.
4. Sebagai kegiatan yang komersial.
5. Agar kesenian Indonesia tidak sirna.
6. Melestarikan seni dan budaya Indonesia.

Waktu Dan Tempat

Hari/Bertepatan pada : Sabtu 5 Juli 2017
Waktu : Waktu 09.00-selesai

Tipe Aktivitas Yang Ditampilkan

1. Tarian tradisional perwakilan dari para siswi
2. Musik tradisi dan kreasi seni dari siswa siswi yang terdiri dari modern dance, band serta vokal tim dari masing-masing ekstrakurikuler.
3. Teater persembahan dari kanak-kanak ekstrakurikuler teater.

Penutup

Demikian hasil dari laporan aktifitas pentas seni yang telah kami selenggarakan, alhamdulilah acaranya berjalan dengan bisa dengan mudah dan sukses. Mohon maaf yang sebenar-benarnya jikalau masih ada kehabisan dari laporan aktifitas yang kami buat ini. kami berharap pembaca bisa menyatakan kritik ataupun sarannya dengan lugas. Sekian dan terima kasih.

Contoh Membuat Laporan Kegiatan PPS

Contoh Laporan Kegiatan PPS

Contoh Laporan Aktivitas PPS | Sumber : 500px.com

Contoh Laporan Aktivitas PPS

Latar Belakang

Pemilihan kepala wilayah dan wakil kepala wilayah yakni sarana yang berhubungan dengan penerapan kedaulatan rakyat yang terdapat di wilayah propinsi ataupun kabupaten di suatu wilayah. Pemilihan kepala wilayah dan wakil wilayah diseleksi langsung oleh rakyat dan ialah proses politik bagi bangsa Indonesia mengarah kehidupan politik yang bertabiat demokratis dan bertanggung jawab.

Panitia pengawas pemilihan umum bertugas dalam melangsungkan pengawasan terhadap seluruh aktifitas ataupun proses pemilihan umum tersebut serta seluruh tahapan kegiatan dalam penerapan pemilihan umum.

Panitia pengawas pemilihan umum ini nantinya akan meneruskan laporan dan (jikalau ada) penemuan yang menjadi pelanggaran kepada KPUD, setelah itu untuk penemuan dan laporan yang ternyata mengandung faktor pidana juga akan diteruskan kepada regu penyidik.

Laporan akhir dari hasil pengawasan terhadap pemilihan gubernur beserta wakilnya di wilayah Sumatera Utara di tahun 2013 ini diharapkan akan menjadi contoh yang baik bagi tahapan pemilihan umum di wilayah yang ada.

Secara umum, hasil dari pengawasan pemilihan umum kecamatan Tunggul Sari terhadap pemilihan gubernur Sumatera beserta wakilnya spesialnya di kecamatan Tunggul Sari ini sudah penuhi persyaratan selaras dengan peraturan Undang-Undang Indonesia tahun 1945. Karena itu tampak dari atmosfer pemilihan yang kondusif serta hasil pencapaian pemilihan yang berjalan aman dan damai.

Tujuan

1. Sebagai olahan laporan dan sebagai tanggung jawab para pengawas dalam melangsungkan tugas sebagai panitia pengawas pemilihan gubernur dan wakilnya wilayah Sumatera Utara semasih masa bakti gubernur dan wakilnya berlangsung.
2. Memberi cerminan secara umum dari hasil pengawasan pada setiap tahapan pemilihan gubernur dan wakilnya di kecamatan Tunggul Sari.
3. Bisa dijadikan olahan analisis serta penilaian terhadap proses penerapan pemilu.
4. Sebagai tuntutan normatif terhadap perundang-perundangan Indonesia mengenai pengawas pemilu.
5. Bisa dijadikan olahan masukan dan pertimbangan untuk para pengawas dalam melangsungkan tugas.

Yup demikianlah contoh laporan aktifitas yang singkat. Mulai dari contoh laporan aktifitas pelatihan, contoh laporan aktifitas lomba, contoh laporan aktifitas seminar, contoh laporan aktifitas pameran, contoh laporan aktifitas observasi, outbound, contoh laporan aktifitas olah-raga, contoh laporan aktifitas perpisahan, yayasan, workshop, reuni, training, dll.

Boleh copy paste, namun jangan sampai lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Contoh Laporan Aktivitas

Sumber