Gerhana Matahari Terjadi Pada Siang Atau Malam Hari

Posted on

Pada saat terjadi gerhana matahari, kondisi bumi akan cenderung gelap. Sehingga ketika gerhana matahari tersebut terjadi, kondisi bumi akan gelap gulita.


Pin di Air

Bagi masyarakat di belahan bumi utara, tanggal 22 september merupakan ekuinoks musim gugur atau titik balik musim gugur yang menandai awal musim gugur.

Gerhana matahari terjadi pada siang atau malam hari. Gerhana matahari terjadi jika bulan berada diantara matahari dan bumi dalam satu garis lurus. Matahari berada di ekuinoks atau di atas garis khatulistiwa. Saksikan gerhana matahari ring of fire siang tadi setelah gerhana bulan (mugen tsukuyomi) beberapa waktu lalu, kini fenomena gerhana matahari cincin mirip ring of fire akan terjadi pada siang ini.

Gerhana matahari menjadi satu di antara fenomena alam yang langka. Gerhana matahari terjadi pada waktu pagi atau siang hari sedangkan gerhana bulan terjadi pada waktu malam hari. Meskipun gerhana matahari ini terjadi pada pagi hari, siang hari atau sore hari, namun kondisi bumi akan seperti malam hari karena tidak adanya cahaya matahari yang menyinari bumi.

Saat fenomena ini terjadi, bulan berada di titik terdekat. Seperti yang kita tahu, bulan sentiasa mengelilingi bumi. Sebelum itu, perlu diketahui bahwa gerhana matahari merupakan peristiwa di mana kedudukan matahari, bulan, dan bumi berada di satu garis yang sama.

Berikut adalah proses terjadinya gerhana matahari : Sehingga, pada saat terjadinya gerhana matahari, kondisi bumi akan cenderung gelap. Bahkan pada siang hari, suhu bisa lebih dari 35 derajat celcius dan bertahan beberapa hari berikutnya.

Fenomena gerhana yang akan terjadi pada kamis (10/6/2021) besok adalah gerhana matahari cincin.bagaimana proses terjadinya? Untuk indonesia hanya gerhana matahari sebagian, itu pun dengan magnitudo atau kegelapan kurang dari 50%. Pada saat terjadi gerhana matahari, kondisi bumi akan cenderung gelap.

Peristiwa gerhana ini, dalam agama islam tidaklah berkaitan dengan peristiwa kematian ataupun lahirnya seorang anak manusia. Apa pengaruh gmt buat bumi? Gerhana matahari adalah fenomena yang berlaku apabila cahaya matahari dilindungi oleh bulan.

Dibandingkan dengan gerhana bulan, gerhana matahari lebih jarang terjadi. Terjadinya gerhana merupakan salah satu bukti bahwa matahari, bulan, dan bumi yang kita tempati ini adalah. Meski gerhana matahari ini terjadi pada pagi, siang atau sore hari, kondisi bumi akan seperti malam hari karena cahaya matahari tertutup.

Pada separuh bagian bumi yang menghadap matahari terdapat cahaya siang, sementara pada separuh yang lain terdapat malam dan kegelapan. Oleh karena gerhana matahari terjadi pada siang hari maka akan lebih mudah membuat telur berdiri jika dilakukan pada siang hari. Akan tetapi, tidak di lokasi yang sama.

Saat matahari berada tepat di atas kepala, terutama pada wilayah khatulistiwa, maka bayangan benda dan orang akan tampak 'menghilang'. Meskipun gerhana matahari ini terjadi pada pasi hari, sing hari atau sore hari, namun kondisi bumi akan seperti malam hari karena tidak adanya cahaya matahari yang menyinari bumi. Yang tertinggi itu sekitar 50% itu di papua dan maluku utara.

Sejak bumi diciptakan, kecepatan rotasi pada porosnya sangat tinggi. Gerhana ini terjadi sekitar 4 menit 43 detik, durasi yang sangat singkat. Akan tetapi, bisa juga waktunya lebih pendek atau lebih lama.

Sebenarnya mungkin saja jika dilakukan di malam hari, namun sekali lagi dibutuhkan kesabaran yang tinggi dan perjuangan yang ekstra untuk membuat telur bisa berdiri di malam hari setelah gerhana matahari. Jadi gerhana matahari ini terjadi pada waktu siang sahaja. Gerhana, suatu peristiwa yang biasanya terjadi ketika malam hari.

Meski gerhana matahari ini terjadi pada pagi, siang atau sore hari, kondisi bumi akan seperti malam hari karena cahaya matahari tertutup. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri ketika terjadinya gerhana matahari. Hari tanpa bayangan menyebabkan suhu udara di bumi terasa lebih panas daripada biasanya.

Tapi tahukah kalian jika gerhana bulan bisa terjadi di siang hari.untuk lebih jelasnya mari kita mengingat kembali mengenai peristiwa gerhana bulan total pada tanggal 4 april 2015. Gerhana matahari total bisa terjadi dalam rentang 18 bulan atau 1,5 tahun. Hal itu menyebabkan jumlah hari dalam setahun mencapai lebih dari 2.000 hari, sementara panjang sehari semalam sekitar 4 jam.

Di siang hari, pada saat terjadinya gerhana matahari, bulan sedikit demi sedikit menutupi matahari dan pandangan kita. Lamanya siang dan malam menjadi sama yakni 12 jam. Gerhana matahari terjadi jika matahari, bulan, dan bumi berada pada satu garis lurus atau bila bulan berada di antara bumi dan matahari.


Pin di Richard Nata


Pin di Air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *