Letusan Gunung Tambora Dan Krakatau

Posted on

Kala meletus, gunung toba memuntahkan 2.500 kilometer kubik lava. Ilustrasi ledakan gunung berapi live science.


Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Lampung, meletus

Implikasi ini adalah bahwa bencana yang berhubungan dengan gerak lempeng seperti gempa dan letusan gunungapi masih bisa terjadi, termasuk yang katastrofik seperti erupsi krakatau atau tambora.

Letusan gunung tambora dan krakatau. Sejak muncul ke permukaan laut, kini pertumbuhan anak krakatau terbilang cepat. Sebelum meletus tinggi tambora diperkirakan 4.300 mdpl, setelah meletus tinggi gunung terpangkas menjadi 2.851 mdpl dan meninggalkan kaldera. Amuk toba menyisakan kawah seluas 50 kilometer, yang kini menjadi danau toba.

Khusus krakatau, kita cek saja geologi dan sejarah letusan atau penelitian yang pernah dilakukan di sini, sejak zaman verbeek (1885), dua tahun setelah. Selain menewaskan sekitar 100.000 orang, material vulkanik yang terlepas ketika erupsi juga mencapai langit eropa, membuat benua. Banyak ahli menyebut letusan ini sebagai yang terparah dan terbesar di era modern.

Letusan tambora sepuluh kali lebih kuat dari letusan krakatau. Dampak dari letusan gunung tambora tak hanya terasa di indonesia, namun juga menyebar hingga belahan bumi lain dan menyebabkan bencana. Ledakan krakatau ini sebenarnya masih kalah dibandingkan dengan letusan gunung toba dan gunung tambora di indonesia, gunung tanpo di selandia baru dan gunung katmal di alaska.

Meski, dampak yang dihasilkan tidak separah gunung tambora, yang membuat benua eropa dipenuhi dengan kegelapan. Konsekuensi bencana alam ini sangat dahsyat dan luas, tidak hanya untuk sejarah kepulauan indonesia yang akan datang, tapi juga untuk perkembangan di dunia pada umumnya. Dari letusan yang tercatat terhebat sepanjang sejarah modern,.

Mulai pada 1927 atau kurang lebih 40 tahun setelah meletusnya gunung krakatau, muncul gunung api yang dikenal sebagai anak krakatau. Letusan pertama gunung tambora terdengar pada 5 april 1815 di pulau jawa (jakarta), terdengar selama 15 menit dan berlangsung sampai kesokan harinya, seperti meriam. Cerita ini dilukiskan dalam kitab pustaka raja purwa.

Dan letusan dahsyat gunung berapi dapat menjadi salah satu faktornya, seperti terlihat pada berakhirnya peradaban papekat dan tambora di pulau sumbawa akibat letusan tambora 1815. Setara dua kali volume gunung everest. Ribuan hingga puluhan ribu jiwa melayang.

Pasca letusan tersebut, krakatau hancur sama sekali. Sekitar tanggal 05 april 1815, gunung tambora meletus dan mengakibatkan ribuan orang meninggal dunia. Letusan gunung itu diklaim lebih besar dari gunung krakatau.

Itulah gunung yang baru lahir yang diberi nama gunung anak krakatau. anak gunung api ini tumbuh 4 m per tahun dan mempesona banyak orang, demikian adalah pernyataan yang ditulis dalam majalah milik kementerian esdm itu. Kisah dahsyatnya letusan gunung krakatau ternyata pernah terjadi di tahun 416 sebelum masehi. Gunung api paling berbahaya dan mematikan tambora, indonesia.

Di sisi lain, letusan gunung tambora 70 tahun sebelumnya, yang dampaknya lebih dahsyat hingga mampu mengubah sejarah dunia, nyaris terlupakan. Dampak letusan gunung tambora di pulau sumbawa memang luar biasa. Letusan terbesar pada abad 13 gunung samalas (lombok) tahun 1257 selama ini letusan dan erupsi gunung krakatau dan gunung tambora dianggap paling dahsyat di indonesia, ternyata ada satu gunung lagi yang mengalahkan keduanya.

Beberapa gunung berapi yang mempunyai karakteristik letusan tipe planian yaitu krakatau (indonesia, 1883) dan tambora (indonesia, 1815). Menyadur tree hugger rabu (4/8/2021), debu vulkanik dari letusan gunung tambora terbawa angin hingga menutupi benua eropa. Namun, krakatau lebih dikenal luas, karena meletus pada tahun 1883, setelah ditemukannya telegraf, sehingga kabarnya lebih cepat tersebar.

Sementara pada saat tambora meledak, tak banyak orang tahu apa yang sebenarnya terjadi di indonesia. Apa yang terjadi kala itu jauh lebih hebat dari letusan gunung masa kini, bahkan dibandingkan dengan tambora atau krakatau sekalipun. Letusan gunung tambora di sumbawa tahun 1815 memuntahkan jutaan kubik meter material ke atmosfir, yang menyebabkan eropa pada 1816.

Berikut perbedaan letusan kedua gunung. Jika letusan tambora 1815 benar menewaskan sejuta orang, baik secara langsung maupun tak langsung, jelas bahwa dari setiap 1.000 orang di bumi saat itu, maka 1 orang diantaranya tewas sebagai korban jiwa letusan tambora 1815. Letusan gunung tambora terjadi tak terduga.

Letusan tambora dicatat dalam skala tujuh pada skala volcanic explosivity index, mengeluarkan material vulkanik 160 km kubik (38 cu mi) yang empat kali lebih kuat dari letusan krakatau tahun 1883.


Krakatau Indonesia


pendaki gunung krakatau Mobil, Gunung


Dari Penampakan Hingga Kejadian Aneh..!! Inilah 5 Misteri


Aliran lava dari Gunung AnakKrakatau tanggal 19 November


Mt. Anak Krakatau, Lampung Indonesia


Anak Krakatau (Krakatoa) Volcano Volcano, Science nature


Jasa Guide ke Gunung Raung Puncak Sejati . Salah satu


Gunung Anak Krakatau


Pin on Travel


Krakatau Awan, Indonesia, Kepulauan


Semburan lava. Terang gelap warna dan gelegar swara


181226 Gelegar Anak Krakatau dan Tsunami yang Tak Terdeteksi


7 Tempat Wisata Terfavorit Di Kota Lampung Tempat, Kota


Pin on One


Anak Krakatoa Java and Sumatra, February 24, 2013 in 2020


Karena Erupsi, Tinggi Gunung Anak Krakatau Menyusut


Krakatau Indonesia Indonesia, Beautiful, Tempat


Gunung (Mountain) Rinjani 4 days of luxury trekking in


Anak Krakatau Island 21 by Roy Singh on 500px Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *