Letusan Gunung Tambora Termasuk Tipe

Posted on

Gunung tambora adalah gunung tipe strata vulkanik yang semula memiliki ketinggian 4.200 meter (13.000 ft) diatas permukaan laut (mdpl), akibat letusan tahun 1815 ketinggiannya berubah menjadi 2.851 meter dpl (9.350 ft). Letusan telah menghancurkan sebagian puncak gunung dengan menciptakan kawah selebar 4 km dengan kedalaman 700 m.


Pin di Attoriolong

Letak tn gunung tambora secara administratif pemerintahan termasuk dalam wilayah kecamatan kempo dan kecamatan pekat, kabupaten dompu dan kecamatan tambora serta.

Letusan gunung tambora termasuk tipe. 7 tipe letusan gunung api dan penjelasannya. Sehari setelah itu, hujan abu menyelimuti kawasan timur pulau jawa, dengan letusan yang terus terdengar. Pada abad 18, tinggi gunung tambora mencapai 4.300 m, menjadikannya salah satu puncak tertinggi di kepulauan indonesia.

Letusan gunung berapi terkadang menimbulkan dampak yang fatal dengan kerusakan parah dan banyak korban jiwa, namun terkadang juga tidak menimbulkan dampak kerusakan yang berarti dan tidka menimbulkan korban jiwa. Gunung tambora termasuk tipe gunung strato vulkanik, gunung tersebut diperkirakan mencapai lebih dari 4.000 mdpl terkenal dengan peristiwa pada tanggal 5 april 1815 letusan gunung berapi terbesar dalam sejarah. Gunung tambora merupakan gunung berapi yang sejarahnya begitu dikenal di dunia, karena pernah memiliki letusan paling mematikan.

Letusan terdengar keras di makasar sehingga serdadu inggris di fort rotterdam mengira bunyi itu berasal dari meriam bajak laut yang datang menyerbu. Tanguy et al (1998) menganalisis angka kematian langsung letusan tambora sekitar 11.000 dan 49.000 korban lain akibat kelaparan termasuk kelaparan yang terjadi di bali dan jawa timur. Hilangnya peradaban di sekitar gunung tambora

Tambora merupakan gunung api aktif tipe a dengan ketinggian ±2854 m, memiliki kaledra dengan garis tengah bibir ±7 km dan dasar kawah 3500×4000 m, serta mempunyai kedalaman mencapai ±950 m. Letusan dengan tipe ini memiliki interval waktu yang hampir sama pada tiap letusannya. Gunung tambora termasuk tipe gunung strato vulkanik, gunung tersebut diperkirakan mencapai lebih dari 4.000 mdpl terkenal dengan peristiwa pada tanggal 5 april 1815 letusan gunung berapi terbesar dalam sejarah.

Gunung api bertipe ini akan meletus dengan interval waktu tertentu. Letusan tipe plinian bisa menghilangkan seluruh puncak gunung, seperti yang terjadi pada gunung st helens pada 1980. Beberapa gunung berapi yang mempunyai karakteristik letusan tipe planian yaitu krakatau (indonesia, 1883) dan tambora (indonesia, 1815).

Jadi, tipe letusan stromboi artinya terjadi di setiap beberaoa waktu sekali. Hal tersebut sangat tergantung dari tipe, frekuensi dan kekuatan letusannya. Belum lagi belerang yang diperkirakan berjumlah 60 megaton yang dilontarkan ke angkasa.

Namun, durasinya cukup singkat, kurang dari sehari atau beberapa hari. Letusan gunung tambora pada 5 april 1815 tercatat menjadi salah satu erupsi terbesar dalam sejarah dunia. Britannica mencatat bahwa pada bulan april 1815 letusan gunung tersebut melontarkan abu, lava, batuan, dan gas beracun sebanyak 150 km kubik.

Sedangkan oppenheimer (2003) menyebutkan total kematian akibat bencana tambora adalah 71.000. Selain besar kecilnya letusan, bisa juga disebabkan oleh jenis letusannya. Gunung tambora termasuk tipe gunung strato vulkanik, gunung tersebut diperkirakan mencapai lebih dari 4.000 mdpl terkenal dengan peristiwa pada tanggal 5 april 1815 letusan gunung berapi terbesar dalam sejarah.

Sisa letusan membentuk mangkuk kaldera yang sangat besar (terbesar di indonesia). Letusan dahsyat gunung tersebut telah menyemburkan materi paling banyak dalam sejarah manusia, diperkirakan menyemburkan sebanyak 36. Kawah gunung tambora berdiameter lebih.

Jadi, dalam 12 menit sekali lava mendidih dan terjadi sebuah letusan. Pada umumnya sebuah gunung berapi dikatakan ‘tertidur’ jika letusan terakhirnya terjadi kurang dari. Ini bisa jadi karena berbagai faktor.

Letusan tipe plinian bisa menghilangkan seluruh puncak gunung, seperti yang terjadi pada gunung st helens pada 1980. Gunung kelud gunung kelud merupakan gunung berapi di jawa timur yang termasuk tipe stratovulkan dengan karakteristik. Mislanya yakni gunung api tromboli yang ada di kepulauan dengan jarak letusan 12 menit.

Tak heran jika gunung tambora telah mengundang banyak peneliti dari berbagai penjuru dunia untuk menguak sejarah masa lalu yang telah terkubur ratusan tahun silam. Letusan dahsyat gunung tersebut telah menyemburkan materi paling banyak dalam sejarah manusia, diperkirakan menyemburkan sebanyak 36. Namun, setelah erupsi 1815, tinggi gunung tambora hanya 2.851 m (sepertiga dari tinggi sebelumnya).

Dilansir dari home, letusan gunung tambora tercatat sepuluh kali lebih kuat dari krakatau. Letusan gunung tambora menjadi salah satu letusan gunung berapi terbesar di dunia. Letusan gunung berapi terkadang menimbulkan akibat yang fatal dengan kerusakan yang parah dan banyak memakan korban jiwa, namun terkadang juga tidak menimbulkan kerusakan yang berarti dan tidak menimbulkan korban jiwa.

Gunung yang berada di timur nusantara ini telah menciptakan teror hingga ke eropa pada tahun 1816.


Jerry Aurum dan Dunia Bawah Laut Dunia bawah, Dunia, Lautan


"..Gunung Kelud adalah gunung berapi di Provinsi Jawa


Bromo Indonesie


Pin di Attoriolong


KISSAH GUNUNG TOBA (THE STORY OF MOUNT TOBA), written and


Menengok Gunung Merapi dari sisi Tenggara Super


Pin oleh Steve Bradshaw di KrakatauKrakatoa1883


Ref Face on Wonders of the world, Natural landmarks, Volcano


Pin di INDONESIA


Pin on Indonesian Land


krakatau Indonesia


Letusan Gunung Samalas 1257 di Lombok Menyebakan Cuaca


Résultat de recherche d'images pour "stromboli vegetation"


Sumbawa, Indonesia……..Sekongkang Buffalo Races Indonesia


Waduh! Gunung Agung Bali Berstatus Siaga Follow

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *