Manfaat Jus Seledri

Posted on

 

Manfaat Jus Seledri –  semakin banyak orang yang sadar pentingnya menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya dengan cara rutin meminum jus! Berbagai aneka produk jus buah dan sayur tanpa pengawet kerap laris dipasaran.

Namun, belakangan ini nama seledri telah menjadi trending topic dikalangan pecinta jus. Terutama untuk para perempuan.

Jus seledri dipercaya mempunyai khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Dan sudah banyak yang merasakan manfaatnya.

Tapi trend jus seledri kali ini dibuat tanpa campuran buah, sayur dan yang lainnya, sehingga tidak semua orang menyukai rasanya.

Hm, untuk kamu yang belum pernah mencobanya. Mungkin bertanya-tanya, apakah yang dikatakan orang-orang tersebut jujur merasakan efek baiknya atau karena sedang hits aja nih? Selain itu berapa banyak sih manfaatnya dan adakah kekurangannya?

Nah, dari pada bingung-bingung. Yuk kita bahas seputar seledri.

Seledri merupakan tanaman hijau yang memiliki phytochemicals. Phytochemicals sebenarnya juga terdapat di tanaman hijau lainnya. Phytochemicals inilah yang bermanfaat untuk semua proses dan sistem di dalam tubuh.

Kalau begitu, apa dong keunggulannya dibandingkan dengan sayuran hijau lain?

Berikut beberapa kandungan yang terdapat di daun seledri :

  • Kandungan antioksidan yang tinggi, utamanya jenis senyawa fenolik dan flavonoid
  • Kandungan zat ethanol dan metanol
  • Tinggi kandungan vitamin A,C, K, kalium, asam folat dan vitamin B6, serta
  • Mempunyai kandungan cairan yang tinggi

Begitupun dengan aroma khas dari daun seledri yang ternyata bisa memberikan rasa segar dan rileks dalam tubuh.

Maka, tak heran kalau jus seledri bagus untuk kesehatan tubuh.

Adapun manfaat dari mengonsumsi jus seledri,

  1. Tubuh terhidrasi

Tubuhmu akan terhidrasi jika meminum jus seledri.
Karena 95 persen berat seledri terdiri dari air dan seledri tidak punya banyak serat.

  1. Bagus untuk kulit wajah

Seledri mengandung vitamin A, C dan antioksidan.
Vitamin A bermanfaat untuk regenerasi sel.
Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen.
Dengan ketiga kandungan ini bisa menjadikan kulit wajah terasa lebih kencang hingga menghilangkan kerutan halus.
Selain itu kandungan mineral potassiumnya bagus untuk kulit berjerawat.

  1. Mengurangi peradangan

Kandungan zat antioksidan jenis flavonoid yang tinggi pada seledri mampu melawan dan mencegah terjadinya peradangan dalam sel dan DNA tubuh.
Selain itu flavonoid juga membantu penyerapan vitamin C dalam tubuh jadi lebih baik sehingga stamina tubuh dapat meningkat.

  1. Meminimalisir stres oksidatif

Paparan radikal bebas dan asupan zat berbahaya dapat memberikan dampak negatif untuk tubuh berupa terjadinya stress oksidatif.
Flavonoid dan vitamin C yang terdapat di seledri bisa membantu meminimalisir efek stres oksidatif dalam tubuh.
Stres oksidatif ialah kondisi yang dapat memunculkan berbagai risiko penyakit misalnya, stroke.

  1. Menurunkan tekanan darah

Biji seledri memiliki sifat antihipertensi.
Seledri juga mengandung senyawa fitokimia yang berguna untuk memperbaiki fungsi kerja dinding arteri dalam pembuluh darah untuk mengendalikan tekanan darah.
Sehingga tekanan darah dapat menurun dan jadi lebih terkontrol.

Walaupun punya manfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata jus seledri juga memiliki kekurangan loh bila dikonsumsi terlalu sering.

  • Seledri memiliki FODMAP yang cukup tinggi sehingga dapat memperburuk gejala bagi pengidap sindrom iritasi usus.
  • Jus seledri tetap mengandung gula meskipun jumlahnya tidak banyak.
  • Menurut konsultan Dermatologis dan Juru Bicara British Skin Foundation Emma Wedgeworth, tidak disarankan meminum setengah liter jus seledri dalam keadaan perut kosong dan berada di bawah sinar matahari dalam waktu lama, karena dapat berkontribusi pada tanda-tanda awal penuaan, munculnya ruam pada kulit dan meningkatkan risiko kanker kulit.
    Sebab, seledri diketahui mengandung psoralens yang dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari.
  • Bila sedang hamil sebaiknya berhati-hati dan tidak banyak mengonsumsi seledri karena akan mendorong munculnya pendarahan dan kontraksi uterine. Dari situs, medicalhealthguide
  • Dapat berdampak negatif pada orang-orang yang mengonsumsi obat pengencer darah (antikoagulan) karena kandungan vitamin K yang tinggi dapat mempengaruhi pembekuan darah.
  • Dan berhati-hati juga untuk penderita tekanan darah rendah karena kemampuan seledri yang bisa menurunkan tekanan darah.

Setelah kamu mengetahui penjelasan tentang seledri beserta kelebihan dan kekurangannya.
Apakah kamu tertarik mencobanya ladies?Source link

Belakangan ini, jus seledri sedang tenar di golongan warga, karna dikira sebagai minuman yang menyehatkan. Nyatanya, seledri memang punya banyak nutrisi baik, sampai-sampai dapat memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat daun yang kerap dipakai sebagai penyedap masakan ini ialah dapat menyembuhkan arthritis maupun penyakit radang sendi. Penasaran sama manfaat seledri untuk radang sendi? Yuk, simak penjelasannya lebih lanjut di sini.

Arthritis maupun radang sendi ialah kondisi yang dikarenakan karna terbentuknya peradangan dalam satu maupun beberapa sendi. Penyakit ini sungguh menyiksa, karna tidak hanya membuat sendi jadi kaku dan juga tidak gampang digerakkan, arthritis pula memunculkan kerasa perih yang tak tertahankan. Namun, pengidap arthritis dapat meredakan gejala tersebut sama minum jus seledri secara biasa. Hal ini berkat kandungan yang terdapat dalam seledri yang baik untuk sendi.

Menilik Kandungan Nutrisi Seledri

Seledri dapat dikira sebagai satu di antara kategori sayur-mayur hijau yang bergizi. Hal ini karna seledri begitu banyak bermacam vit, mineral, dan juga antioksidan yang baik bagi tubuh. Bahkan, seledri pula terhitung satu di antara superfood, karna bermanfaat dalam menangani bermacam kondisi tubuh. Salah satunya ialah peradangan.

Seledri begitu banyak nutrisi, kayak vit K, A, B2, B5, B6, dan juga C. Namun, dari semua kandungan vit tersebut, vit B5 dalam seledri lah yang bermanfaat dalam melawan peradangan sekalian membuat sendi jadi lebih sehat.

Selain itu, seledri pula ialah sumber yang baik untuk bermacam zat gizi, kayak asam folat, kalium, serat, manganite, dan juga asam pantotenat. Daun dan juga biji seledri pula mengandung zat kimia bernama fitonutrien, yang bermanfaat sebagai antioksidan dan juga antiradang yang baik.

Manfaat Jus Seledri untuk Radang Sendi

Sebagian besar riset yang dilakukan mengenai jus seledri berfokus pada zat tertentu yang di milikinya yang dapat memberi manfaat kesehatan. Dua kategori antioksidan dalam seledri yang teruji dapat mengurangi peradangan dan juga menangani serbuan penyakit ialah apigenin dan juga luteolin.

Sebuah riset menelusuri peran apigenin dalam meredakan gejala radang sendi maupun artritis pada hewan percobaan. Hasilnya, hewan percobaan yang terpapar zat apigenin mengalami peradangan jaringan yang lebih sedikit ketimbang sama yang tak terpapar zat apigenin. Selain itu, gejala radang sendi yang dirasakan pula pula jauh lebih ringan.

Jadi, telah tak diragukan lagi bahwa seledri dapat memberi akibat baik terhadap penyakit radang sendi.

Baca pula: Jus Seledri Baik untuk Dikonsumsi Pengidap Kolesterol Tinggi, Benarkah?

Cara Terbaik Mengonsumsi Seledri

Meski jus seledri merasa lebih fresh untuk menyingkirkan dahaga, tetapi enggak ada salahnya untuk menyelingi minum jus seledri sama makan sayur seledri dalam bentuk utuh yang dapat anda campur ke dalam menu santapan anda. Hal ini karna beberapa nutrisi yang tercantum dalam buah dan juga sayur dapat didapatkan lebih maksimal jika dimakan utuh.

Contohnya, kandungan antioksidan pada sayur-mayur biasanya akan berkurang maupun terlebih lagi lenyap sesudah diolah jadi jus. Di sisi lain, jus seledri pula tetap jadi satu di antara pilihan yang baik karna kandungan airnya dapat sekalian menjaga kebutuhan cairan dalam tubuh anda.Source link

Seledri merupakan tanaman yang dapat disantap saat mentah maupun dimasak. Seledri rata-rata dipakai sebagai hiasan pada masakan. Namun, sesudah diketahui banyak manfaat dari seledri maka mulailah seledri disantap sama tata cara di jus dulu. Konsumsi jus seledri secara teratur adalah langkah bagus buat meningkatkan konsumsi nutrisi ke dalam tubuh. Jus seledri mempunyai kandungan rendah kalori.

Kandungan Nutrisi Seledri
Jus seledri mempunyai kandungan 40 kalori serta beberapa nutrisi lain semacam:

  • Air
  • Vitamin A, K, serta C
  • Betakaroten
  • Flavonoid
  • Fitonutrein
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Kalium

Manfaat Jus Seledri
Seledri mengandung banyak air sampai-sampai bagus buat menghidrasi tubuh. Berikut beberapa manfaat lain dari jus seledri.

Menurunkan Tekanan Darah
Menurut riset memberitahukan kalau ekstrak seledri mempunyai manfaat antihipertensi. Seledri mempunyai kandungan phthalides yang adalah senyawa kimia organik yang bisa mengurangi tingkatan hormone stress dalam darah. Kandungan kalium pada seledri mempunyai peran buat merilekskan jaringan bilik pembuluh darah arteri. Kondisi ini bisa menaikkan aliran darah serta mengurangi tekanan darah sampai-sampai bisa mengurangi risiko terbentuknya perkara pada sistem kardiovaskular.

Menurunkan Kadar Kolesterol
Sebuah riset memberitahukan kalau mengonsumsi seledri tiap hari bisa mengurangi kandungan kolesterol. Senyawa organic phthalides memicu kerja empedu yang berfungsi mengurangi kandungan kolesterol. Penurunan kandungan kolesterol pula bisa mengurangi penimbunan plak pada bilik pembuluh darah. Kondisi ini bisa membantu menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.

Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan vit C, serat serta senyawa kimia organic pada seledri bisa menjaga kesehatan kardiovaskular.

Meredakan Nyeri pada Arthritis
Seledri mempunyai manfaat sebagai anti-inflamasi yang membantu kurangi pembengkakan serta kerasa sakit di sekitar sendi. Sehingga seledri sungguh bagus disantap oleh orang yang mengidap radang sendi, rematik, serta asam urat. Batang seledri mempunyai dampak diuretik yang membantu memberantas kristal asam urat di sekitar sendi.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Seledri bisa membantu menaikkan sistem keimunan tubuh karna mempunyai kandungan {tinggi} vit C serta antioksidan. Mengkonsumsi sayur-mayur yang {tinggi} vit C secara disiplin bisa kurangi risiko terkena influenza serta penyakit meluas yang ada.

Mendetoksifikasi Tubuh
Fungsi antioksidan yang terdapat pada seluruh bagian seledri bisa membantu tubuh buat terlepas dari beberapa kendala seandainya disantap secara disiplin.

Mencegah Infeksi Saluran pipis
Efek diuretik pada seledri pula bisa bermanfaat buat membantu menghindari infeksi saluran kencing pada perempuan serta perkara pada ginjal.

Menurunkan Berat Badan
Minum jus seledri secara disiplin sebelum makan bisa membantu kurangi berat badan. Jus seledri mempunyai kandungan rendah kalori serta {tinggi} serat. Sehingga bisa memberikan kerasa kenyang kebih lama serta membantu kurangi makan lewat batas.

Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh
Seledri mempunyai kandungan natrium, kalium serta mineral yang membantu menjaga penyeimbang cairan pada tubuh.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *