Solusi Dekorasi Ruang Tamu Untuk Rumah Mungil

Posted on

Ruang tamu merupakan salah satu bagian dari rumah dimana ruangan ini biasanya terletak pada bagian depan rumah setelah pintu masuk. Fungsinya memang digunakan untuk ruang menampung tamu yang berkunjung ke rumah.

Hal inilah yang membuat Anda harus terpikirkan, bagaimana melakukan dekorasi ruang tamu pada rumah yang mungil agar memiliki kesan baik kepada tamu yang datang? Tenang saja, kami akan memberikan solusi untuk permasalahan Anda.

Terapkan 5 Ide Ini Sebelum Dekorasi Ruang Tamu

Setiap rumah pasti memiliki luas ruang yang berbeda, untuk Anda yang memiliki luas ruang tamu yang tidak terlalu besar maka kami akan memberikan 5 ide untuk membantu kegiatan dekorasi ruang tamu Anda.

Anda hanya perlu menerapkan 5 ide ini saat sedang merencanakan dekorasi ruang tamu yaitu :

  • Terapkan warna cat tembok yang terang

Ruang tamu yang nyaman adalah ruang tamu yang menggunakan cat tembok dengan warna terang. Sehingga cahaya yang masuk masih bisa dipantulkan ke dalam ruangan dan tidak meninggalkan kesan rumah yang redup atau gelap.

Warna yang terang juga bisa memberikan kesan ruangan menjadi lebih luas. Bahkan Anda akan lebih mudah memadukan warna-warna ceria untuk furniture yang akan Anda gunakan.

  • Pakai sofa yang sesuai ukuran ruang

Sebelum membeli sofa, perhatikan dan ketahui terlebih dahulu ukuran ruang Anda. Jangan asal membeli sofa hanya dari segi lucu dan menarik saja. Namun Anda perlu pertimbangkan ukuran sofanya.

Sofa dengan ukuran yang besar justru akan membuat ruang tamu Anda terasa lebih sempit. Sehingga Anda perlu mencari ukuran yang pas agar menciptakan kesan yang minimalis. Tidak perlu banyak sofa sebab akan membuat ruangan terasa sempit.

  • Usahakan memakai perabot yang multifungsi

Perabot atau furniture multifungsi memang akan lebih meringkas ruangan dan tidak banyak memakan tempat untuk meletakkan atau penyimpanannya. Sehingga Anda masih bisa menyiasati ruang penyimpanan meskipun dalam kondisi ruangan terbatas.

Anda perlu memilih perabot yang ringan, fleksibel, sederhana dan fungsional. Perabot harus disesuaikan dengan tema yang Anda buat untuk ruang tamu Anda.

  • Gunakan dinding secara maksimal

Jika dirasa Anda membutuhkan tempat penyimpanan atau dekorasi, maka Anda bisa lebih memanfaatkan lahan dinding. Dinding Anda bisa dibuat menjadi rak penyimpanan atau fungsi lainnya seperti :

  • Pajangan foto atau gambar, peletakan foto atau gambar tidak boleh asal. Sebab Anda membutuhkan ruang yang luas dan juga pencahayaan yang cukup agar bisa terlihat dari berbagai arah.
  • Peletakan cermin pada dinding untuk ciptakan kesan lebih lapang. Sebab cermin mampu memberikan ilusi pada mata kita dari akibat pantulan yang terjadi.
  • Peletakan jam dinding sebagai dekorasi rumah. Untuk kesan yang lebih manis dan minimalis biasanya meletakkan jam di atas rak dinding daripada di tempel pada tembok.
  1. Pastikan intensitas cahaya cukup

Meskipun sudah menggunakan warna cat tembok yang terang, Anda juga harus pastikan cahaya bisa masuk secara maksimal melalui jendela. Jika dalam kondisi malam hari, maka Anda bisa memberikan lampu sebagai sumber pencahayaan.

Lampu yang digunakan juga tidak boleh lampu yang redup atau remang-remang. Pastikan lampu memang bisa memberikan cahaya yang pas untuk satu ruangan.

Kelima ide tersebut seharusnya Anda pikirkan di awal sebelum dekorasi ruang tamu. Sehingga Anda sudah mempunyai gambaran konsep yang akan Anda kerjakan. Jangan sampai Anda mengerjakan tanpa mempunyai konsep, yang terjadi hanya membuat ruang tamu Anda terkesan tidak terurus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.