Tipe Plafon untuk Memilih Model Plafon Hunian

Posted on

Plafon rumah menjadi salah satu komponen penting dalam pembangunan rumah, plafon tidak hanya bisa berfungsi sebagai pembatas antara atap dengan ruangan, tetapi dapat berperan sebagai hiasan atau dekorasi bagi rumah Anda, meredam panas dan jatuhnya kotoran dari atap.

Oleh karena itu, saat membangun rumah perlu diperhatikan dan dipertimbangkan secara matang, model plafon apakah yang ingin digunakan.

Jenis Plafon untuk Hunian

Pemilihan plafon ini bergantung juga kepada kondisi iklim Indonesia yang cenderung lembab. Beberapa jenis plafon yang bisa dipertimbangkan oleh pembaca akan disampaikan sebagai berikut:

  • Plafon Rumah Gypsum

Model plafon gypsum merupakan plafon yang sepertinya paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan karena plafon gypsum mudah ditemui dan banyak dijual di sekitar kita dengan harga yang sangat terjangkau.

Meskipun dijual dengan harga yang cukup terjangkau, jenis plafon gypsum memiliki sedikit kelemahan pada bahannya yang menyerap air sehingga bisa menambah beban dan rawan bocor atau roboh saat digunakan. Model plafon gypsum ini cocok digunakan untuk model plafon minimalis, karena biayanya rendah dan pemasangannya mudah dilakukan untuk berbagai desain.

  • Plafon Rumah Triplek

Salah satu jenis plafon rumah yang mudah ditemui dan digunakan adalah jenis plafon triplek. Kelebihan dari penggunaan jenis plafon ini yaitu bobotnya yang ringan bergantung ketebalan dan menyatu dengan baik bila dipasang bersama dengan rangka kayu sehingga dapat menambah rasa keindahan di dalam rumah.

Kelemahan dari plafon triplek yaitu mudah rusak apabila sering terkena air dan mudah terbakar bila terkena api, sehingga pemasangan plafon triplek harus sangat memperhatikan lokasi pemasangan dan usahakan jangan di area basah seperti kamar mandi atau ruang cuci dan area mudah terbakar seperti dapur.

  • Plafon Rumah PVC

PVC merupakan kepanjangan dari material bernama polyvinyl chloride, bahan ini merupakan bahan plafon yang sangat berkembang karena memiliki banyak keunggulan seperti bobot yang ringan, tahan terhadap api dan air, mudah dipasang, tampilan yang menarik, dan dapat diperoleh dalam berbagai macam warna sesuai kebutuhan interior rumah.

Model plafon PVC ruang tamu sangat cocok untuk digunakan. Akan tetapi, untuk jenis plafon PVC memang masih belum terlalu banyak dipasang di hunian karena harganya masih tergolong mahal dan tidak bisa dicat secara manual, sehingga harus mengganti plafon tersebut bila ingin mengganti warna ruangan Anda.

Jenis plafon minimalis untuk rumah saat ini sedang banyak digemari karena banyaknya masyarakat yang mulai tertarik untuk memberikan desain terbaik bagi model plafon rumah mereka.

Beberapa ruangan seperti model plafon ruang tamu terbaru perlu diperhatikan oleh pemilik rumah karena merupakan tempat yang pertama dilihat di rumah. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih plafon yaitu:

  1. Mengatur ketinggian plafon

Fungsi plafon sebagai pembatas antara atap dan ruangan harus diperhatikan ukurannya, tinggi plafon tidak boleh terlalu rendah maupun terlalu tinggi bagi penghuni rumah. Tentukan ketinggian yang sesuai dan tetap memberikan kesan privasi bagi penghuninya.

  1. Perhatikan bahan dan desain

Bahan dan desain plafon yang akan digunakan sebaiknya menyesuaikan dengan dana dan komposisi ruangan yang ada, jangan buat model plafon terlalu berbeda dengan komposisi ruangan, tentukan juga warna yang sesuai dengan ruangan yang akan dipasang plafon.

Itulah beberapa model dari plafon yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan serta beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih plafon.

Leave a Reply

Your email address will not be published.